Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Dia Pemain yang Akan Bantu Vietnam Samai Level Timnas Indonesia

By Ragil Darmawan, Sabtu, 28 September 2024 | 20:38 WIB
Striker asal Brasil Rafaelson (kiri) diharapkan menjadi motor berkualitas Timnas Vietnam untuk menyamai level Timnas Indonesia.

BOLANAS.COM - Vietnam tak perlu lagi cemas berlebihan karena kini sudah memiliki pemain yang akan membantunya untuk menyamai level Timnas Indonesia.

Pakar sepak bola Vietnam Quang Huy menilai kehadiran Rafaelson sebagai pemain naturalisasi akan membuat Golden Star Warriors kembali bersinar.

Sebagaimana diketahui, Rafaelson telah resmi memperoleh kewarganegaraan Vietnam pada 20 September lalu dan memiliki nama lokal Nguyen Xuan Son.

Striker asal Brasil berusia 27 tahun tersebut dipercaya akan menjadi tambahan kualitas dan kunci bila dipanggil untuk memperkuat Timnas Vietnam.

"Sepak bola Vietnam berada dalam fase stagnan dan relatif menyedihkan," ungkap Quang Huy.

"Jadi, kami sangat membutuhkan angin baru seperti Rafaelson untuk membuat tim lebih kuat," imbuhnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Dapat Pesaing Hebat, Vietnam Resmi Punya Naturalisasi Brasil

Rafaelson sudah sangat familiar dengan sepak bola Vietnam karena telah bermain di kompetisi utama negeri itu, V-League 1, selama kurang lebih 5 tahun.

Pemain dengan tinggi 185 cm dan kini bermain untuk klub Nam Dinh itu sebelumnya dianggap sebagai pemain asing yang sedang dalam performa terbaiknya, mencetak 71 gol di liga domestik Vietnam.

Pada musim 2023-2024, Rafaelson mencatatkan sejarah sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim V-League 1 dengan 31 gol (lebih dari separuh total gol tim).