Shin Tae-yong Utamakan Ball-playing Defender, Dua dari Tiga Bek Tengah Timnas U-20 Aslinya Seorang Gelandang

Najmul Ula - Jumat, 16 September 2022 | 14:18 WIB
Laga timnas U-19 Indonesia Vs Timor Leste di grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022).
BAGAS REZA MURTI/BOLASPORT.COM
Laga timnas U-19 Indonesia Vs Timor Leste di grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/9/2022).

BOLANAS.COM - Shin Tae-yong mematok syarat mutlak bagi para bek tengahnya, trio Ferarri-Robi-Dimas harus bisa menjadi pengumpan sejak garis pertama.

Shin Tae-yong tampak mempertegas konsep ball-playing defender dalam membentuk timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 tampil mempesona dalam laga pertama kontra Timor Leste dan malam ini diprediksi menang telak atas Hong Kong.

Dari sisi taktikal, Shin Tae-yong mengusung skema andalan tiga bek tengah, yang membuat pertahanan Indonesia tampil lebih kukuh.

Baca Juga: Cuma Istirahat Satu Hari, Shin Tae-yong Beberkan Kondisi Terkini Pemain Timnas U-20 Indonesia Jelang Lawan Hong Kong

Dari sisi pemilihan pemain, Shin Tae-yong juga memiliki prassarat bagi tiga bek tengah yang bermain, yakni harus bisa menjadi pengumpan.

Berbeda dengan konsep lama bahwa pemain bertahan hanya perlu bermodalkan kemampuan menyetop pemain lawan, Shin Tae-yong beranjak ke level lebih tinggi.

Seorang bek tengah tidak hanya harus piawai berduel dengan serangan lawan, tetapi juga harus cakap menginisiasi serangan, atau kerap disebut sebagai ball-playing defender.

Untuk alasan itu pula, Shin Tae-yong mengkonversi dua gelandang di timnas Indonesia U-20 menjadi seorang bek tengah.

Baca Juga: Prediksi Line Up Timnas Indonesia U-20 vs Hong Kong - Perlu Turunkan Tim Utama, Tapi Harus Pikirkan Vietnam


Editor : Najmul Ula
Sumber : lapangbola.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.